TIPS MERAWAT DAN MENGHILANGKAN BAU BADAN

Disadari atau tidak, bau badan dapat mengurangi rasa percaya diri kita dalam bergaul. Orang yang bau badan biasanya akan minder saat berdekatan dengan orang lain, walaupun telah memakai parfum, tapi terkadang bau badannya tetap tercium.
Lalu bagaiman caranya agar bau badan bisa hilang dari tubuh kita? nah, dalam postingan ini mimin akan berbagi tips ampuh menghilangkan bau badan. Penasaran? yuk kita seimak tips berikut ini :

Kurangnya cairan pada tubuh dapat menimbulkan kekeringan kulit, seperti di kaki, siku, bibir, lutut, dan bagian tubuh lainnya. Kulit yang kering akan mudah retak dan menjadi gerbang masuknya kuman ke dalam tubuh, yang dapat berpotensi menyebabkan infeksi. Hal ini sering terjadi pada jenis kulit sensitif. Untuk mengatasi hal-hal tersebut artikel perawatan kulit bagi kulit sensitif akan berbagi untuk Anda.

Beberapa cara perawatan bagi kulit sensitif yang perlu Anda ketahui adalah:
10 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

1. Menghilangkan Bau Badan dengan Mandi Secara TeraturBau badan bisa terjadi jika pola hidup kita tidak teratur, diantaranya karena kita jarang mandi. Maka dari itu jika anda ingin terbebas dari bau badan, mandilah secara teratur 3 kali sehari.

2. Mengatasi Bau Badan dengan Air Rebusan Daun SirihUdah tahu daun sirih kan? itu loh daun yang punya banyak manfaat, yang salah satu manfaat itu adalah untuk menghilangkan bau badan caranya gampang banget. Sediakan kurang lebih 30 lembar / secukupnya daun sirih. Campur dengan air 1 secukupnya. Kemudian panaskan hingga airnya benar-benar mendidih. Setelah itu campur air rebusan sirih tersebut dengan air dingin agar air rebusan tersebut tidak terlalu panas. Setelah itu, mandilah dengan air rebusan daun sirih tersebut. Lakukan cara ini secara rutin

3. Mengobati Bau Badan dengan Minum Air Rebusan Daun SirihSelain dengan cara dimandikan, daun sirih juga bisa diminum agar hasilnya lebih optimal. Cara pemakaiannya mudah. Kita hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun sirih, kemudian rendam dengan 1 gelas air putih. Tunggu hingga air rendaman daun sirih tersebut dingin, lalu minumlah. Agar lebih enak, anda juga bisa menambahkan gula putih.

4. Menghilangkan Bau Badan dengan Jeruk NipisAmbil 1 buah jeruk kemudian otong dan ambil airnya. Setelah itu campurkan air jeruk nipis tersebut dengan daun sirih dan kapur. Selanjutnya anda oleskan pada bagian tubuh yang dipercaya sebagai sumber bau badan seperti ketiak.

5. Menghilangkan Bau Badan dengan CengihCengkih merupakan salah satu bagaiana dari rempah-rempah yang dapat kita gunakan untuk mengusir bau badan. Caranya , ambilah beberapa kuntum buah cengkih kemudian rendam dengan air hingga buah cengkih tersebut mengembang. Setelah itu airnya diminum. Jika mau, anda juga bisa menambahkan gula agar rasanya lebih enak. Atau anda juga bisa mengoleskan air rendaman cengkih pada ketiak anda.

6. Menghilangkan Badan dengan KetimunSediakan 1 buah mentimun, kemudian kupas mentimun tersebut. Setelah itu gosok-gosokan buah mentimun tersebut pada bagian badan yang berbau setiap kali anda selesai mandi.

7. Menghilangkan Bau Badan dengan KemangiDaun kemangi sering kita temui dipasar atau dirumah makan. Biasanya kemangi suka dijadikan urab atau lalap sebagai teman nasi. Konsumsilah daun kemangi secara rutin dipagi dan sore hari maka anda akan terhindar dari yang namanya bau badan

8. Menghilangkan Bau Badan dengan JaheJahe merupakan salah satu rempah-rempah yang mempunyai rasa pedas dan hangat. Jahe sering dijadikan sebagai bahan minuman hangat ataupun dijadikan sebagai pengganti minyak pijat. Namun kita juga dapat menggunakan jahe sebagai obat untuk mengatasi bau badan. Kita juga dapat meminum wedang jahe secara teratur agar terhindar dari bau badan. Selain itu kita juga bisa mengosok-gosokan parutan jahe pada bagian ketiak agar terhindar dari bau abdan.

9. Menghilangkan Bau Badan dengan KecombrangUntuk daerah saya (Garut) kecombrang lebih dikenal dengan sebutan "honje" atau "Kantan". Nah, kalau untuk daerah lain saya kurang tahu hehe. Tapi anda bisa cari info di google tentang apa itu kecombrang. Kecombrang biasanya diambil daun mudanya atau buahnya sebagai bahan untuk membuat rujak, terutma rujak 7 bulanan. Kecombrang ini rasanya asam. Kecombrang juga dapat kita gunakan untuk mengatasi bau badan, caranya dengan mengkonsumsi keceombrang. Atau bisa juga dengan menumbuk kecombrang kemudian digosokan di daerah yang menjadi sumber bau badan (ketiak)

10. Menghilangkan Bau Badan dengan Daun BeluntasBeluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter apabila tidak dipangkas, sehingga seringkali ditanam sebagai pagar pekarangan. Namun ternyata selain dapat digunakan sebagai tanaman pagar, beluntas juga bermanfaat dalam mengatasi bau badan caranya yaitu kita hanya perlu mengkonsumsinya sebagai lalapan, ataupun dimasak terlebih dahulu.

11. Gunakan Pakaian Yang TepatMaksudnya gunakanlah pakaian yang nyaman yang membuat tubuh kita bisa bernafas misalnya pakaian yang berbahan katun yang dapat membuat keringat menguap secara alami. Hindari penggunaan pakaian sempit dengan bahan fiber sintetis atau polyester, khususnya di daerah ketiak.

Pemilihan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit

Untuk menghindari problem kulit senstitif, yang harus selalu dilakukan adalah menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Gunakan sabun atau pembersih yang tepat karena akan mempengaruhi kondisi kulit. Sementara, jika kotoran atau bakteri tidak terangkat maksimal, dapat menyebabkan masalah gatal dan merah pada kulit yang dapat berujung pada iritasi kulit.Untuk perawatan kulit bagi kulit sensitif pilihan sabun atau shower gel yang mengandung susu dan madu adalah pilihan yang tepat. Susu dan madu akan memberikan kelembaban pada kulit kering dan sensitif secara alami. Selain dapat menjaga kelembaban, susu serta madu juga dapat menjadikan kulit halus dan sekaligus segar. Pilihlah sabun atau pembersih atau shower gel dapat membersihkan, melembabkan, dan melindungi dari bakteri. Selain menjadikan kulit bersih, lembap dan terlindungi dari bakteri, sangat berguna untuk kulit yang mengalami problem gatal dan sensitif.

Perawatan kulit bagi kulit sensitif after shower
Perawatan kulit bagi kulit sensitif setelah selesai mandi yang harus diperhatikan bagi pemilik kulit sensitif adalah memastikan tidak ada sisa sabun dan air yang masih ‘bersembunyi’ di bawah antara lipatan-lipatan kulit seperti di bawah lengan, di belakang lutut, di sela-sela jari kaki dan tangan. Karena jika masih ada sisa sabun dan air, akan menyebabkan kulit menjadi terlalu lembab dan akan menjadi sarang kuman berkembang biak.

Memberi nutrisi kulit dari luar untuk menjaga kelembaban

Kulit kering dan sensitif akan lebih mudah kehilangan kelembaban alaminya dibanding jenis kulit berminyak ataupun normal. Untuk membantu menjaga kelembaban dalam perawatan kulit bagi kulit sensitif diperlukan nutrisi untuk kulit seperti lotion ataupun cream pelembab supaya kulit kering dan sensitif tidak mudah bersisik karena kehilangan terlalu banyak kelembaban. Waktu yang tepat menggunakan cream atau lotion pelembab adalah sesaat setelah selesai mandi, saat kulit masih dalam keadaan bersih dan segar sehingga cream ataupun lotion akan terserap sempurna ke dalam kulit. Jika sering berada dalam ruangan ber-AC dapat menggunakan lotion atau cream pelembab setiap 2 jam sekali atau setiap saat kulit terasa kering.

Memberi nutrisi kulit dari dalam untuk menjaga kesehatan kulit

Perawatan kulit untuk kulit kering dan sensitif tidak cukup hanya dari luar tubuh saja. Namun harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang masuk melalui makanan dan minuman yang di konsumsi. Tubuh termasuk kulit memerlukan asupan cairan minimal 8 gelas air putih perhari. Selain cairan tubuh dan juga kulit memerlukan vitamin A, C, dan E untuk terus memperbaharui sel. Penuhi kebutuhan vitamin tubuh dan kulit melalui makanan bergizi tinggi seperti sayur dan buah-buahan segar.

1. Cara Alami Menghilangkan Bau Badan Dengan Cuka Apel

Cuka Apel merupakan deodorant alami yang dapat mengurangi pH kulit, Anda dapat mencobanya untuk menghilangkan bau ketiak yang mengganggu dengan cara menggunakan sari cuka apel setiap hari sebagai pengganti deodorant. Anda dapat menggunakannya dengan cara memasukkan cuka apel kedalam segelas air, kemudian pakailah untuk membilas ketiak setiap mandi.

2. Cara Alami Menghilangkan Bau Badan Dengan Daun Kemangi


Daun kemangi mempunyai kandungan zat aktif yang dapat menghilangkan bau badan. Anda dapat mencobanya dengan mengkonsumsi sebagai lalapan pada saat makan.

3. Cara Alami Menghilangkan Bau Badan Dengan Baking Soda


Selain bermanfaat untuk memutihkan gigi, ternyata baking soda bermanfaat untuk mengurangi keringat yang berlebihan saat melakukan aktivitas diluar ruangan. Anda dapat menggunakannya dengan memakai baking soda pada ketiak dan kaki sehingga dapat mengurangi keringat yang keluar dari dalam tubuh.

4. Cara Alami Menghilangkan Bau Badan Dengan Kurangi Konsumsi Bawang

Bawang dapat menyebabkan bau badan dan membuat nafas menjadi bau. Maka untuk mengurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bawang yang dapat menyebabkan keringat menjadi bau.

5. Cara Alami Menghilangkan Bau Badan Dengan Jeruk Nipis

Jeruk Nipis bermanfaat untuk menghilangkan bau badan yang tidak enak, dengan cara memeras jeruk nipis, kemudian airnya yang telah diperas dicampur sedikit kapur sirih. Setelah itu gosokkan pada bagian yang dapat menimbulkan keringat, seperti ketiak.

Artikel Terkait