KONDENSOR PERALATAN UTAMA PLTU

Kondensor merupakan salah satu komponen utama dan PLTU yang berfungsi menkondensasikan uap keluar turbin menjadi air menjadi pendingin air laut. Agar proses kondensasi tersebut lebih efisien, maka tekanan di condensor harus rendah (divakumkan). Kevakuman pada condensor didapatkan dengan cara menghisap ruang condensor dengan Steam Air Jet Ejector.
Air hasil kondensasian disebut air kondensat (condensate water). Air kondesat masih mengandung sedikit O2. Air ditampung di hotwall dan dialirakan kembali ke siklusnya. Udara dan gas-gas yang terkondensasi dikeluarkan oleh Steam Air Jet Ejector. Hal m1 dilakukan sebab ada kemungkinan ada udara yang terbawa.

Bagian-bagian utama condensor adalah sebagai berikut : 

1. Shell dapat diartikan sebagai penutup exhaust turbin yang menuju hotwell

- Connecting section dipakai untuk memegang bagian antara exhaust turbin dan bagian atas shell yang diletekan diatas pondasi tubin agar tahan terhadap keadaan vacumm. Bagian dalamnya ditunjang dengan pipa-pipa penguat yang disambungkan dengan path turbin. Pada bagian atas dan sambungan disediakan sambungan pemanas air pengisi tekanan rendah.

- Upper Shell berfungsi menyangga bagian bawah shell dan section sambungan pemanas air pengisi tekanan rendah/

- Tube plate tube plate, merupakan material yang terbuat dan bahan baku Naval Brass yang mempunyai keandalan dan tahan terhadap korosi. Tube plate dibor untuk menempatkan tube-tube kondensor path setiap ujungnya. Letak tube-tube kondensor didalam tube plate. disediakan untuk memaksimalkan permukaan kondensasi, meminumkan kerugian tekanan path sisi uap. 

- Support plate adalah beberapa plate penyangga yang berada diantara tube plate. Plat-plat penyangga m digunakan untuk menyangga tube-tube dan untuk mencegahnya bergetarnya tube karena getaran turbin. Plat-plat penyangga m1 dipakai untuk berbagai penguatan tekanan luar dan seal condensor.

2. Water box terdiri dan 2 bagian yang tepisah, bagian belakang dan bagian muka dan memungkinkan dioperasikan secara bebas. Air pendingin terdiri dan 2 aliran dan masuk ke inlot nozzle dan keluar outlet nozzle melalui tube-tube dan kotak air terikat path baigan belakang dan masing-masing kotak air dipasang hole untuk inspeksi. Untuk penggunan air laut sebagai pendingin, dipakai karet neoprene sebagai pelapis permukaan dalam water box. 

3. Back Washing Valve adalah katup yang terbuat dan karet yang berbentuk kupu-kupu dan berada pada bagian yang rata dan kotak air bagian belakang. Back wash adalah perlakuan untuk membersihkan tube kondensor dengan membalik arah aliran air laut sehingga diharapkan kotoran-kotoran yang tersangkut inlet kondensor dapat terbawa air laut keluar dan tube kondensor.

Artikel Terkait